Sahabat, ada atau tidak?

Kemaren ane masuk room H2H di kaskus, ada pertanyaan seperti ini, "Agan2 percaya ga sama adanya sahabat?" Pertanyaan itu muncul gara2 doi merasa tidak jadi yang utama dalam kehidupan sahabatnya, sementara doi selalu mengutamakan kepentingan sahabatnya tersebut.

Dalam hati, ane jadi bertanya-tanya apa sih arti sahabat itu? Iseng ane buka en.wikipedia.org/wiki/friendship Disitu ada penjelasan arti persahabatan adalah
relationship which involves mutual knowledge, esteem, affection, and respect along with a degree of rendering service to friends in times of need or crisis wikipedia.org

Hmm... jadi sahabat itu harus saling memahami, menghargai, mencintai dan respect serta ada saat kita sedang dalam kesulitan.

Sebuah penjelasan yang sungguh2 klise menurut ane. Seperti halnya jawaban2 yang teoritis atas pertanyaan2 mengenai permasalahan2 faktual dalam dunia pemrograman, Not Applicable! Mungkin definisi yang seperti ini yang menjadikan si doi menuntut lebih dari sahabatnya, minta diprioritaskan, minta dicintai dsb.

Jangan dibilang ane tidak menghargai persahabatan, karena ane sangat meninggikan persahabtan, ane punya banyak sahabat dan mencintai mereka. Mereka yang suka mentertawakan ane kalo ane dalam masalah, mereka yang suka ngolok2 ane sampe muka ane memerah, mereka yang lupa bayar utang ke ane, mereka yang suka lupa kalo punya janji. Justru hal2 seperti itu yang menjadikan saya makin mencintai mereka sebagai sahabat apa adanya.

Coba kita lihat orang2 bijak mengartikan persahabatan itu :
A true friend never gets in your way unless you happen to be going down.
Arnold H. Glasow
Friendship is a single soul dwelling in two bodies.
Aristotle
Friendship is one mind in two bodies.
Mencius
Dan ini definisi favorit ane :
I don't need a friend who changes when I change and who nods when I nod; my shadow does that much better.
Plutarch
Friendship is unnecessary, like philosophy, like art... It has no survival value; rather it is one of those things that give value to survival.
C. S. Lewis
Ane sadar, bahwa sahabat juga memiliki kehidupan, memiliki dunia yang harus mereka jaga, memiliki keluarga yang harus mereka bina, memiliki kesulitan2 yang harus mereka selesaikan sendiri tanpa mereka menceritakannya pada kita. Sebagai sahabat justru kita harus banyak lebih tau tentang masalah2 sahabat kita, bukan sebaliknya mengharap sahabat kita selalu ada saat kita dalam kesulitan.

Sebagaimana orang2 sulit menjelaskan arti CINTA, maka arti PERSAHABATAN pun sebenarnya tak kalah rumitnya. Yang pasti menurut ane, adanya sahabat membuat kita merasa tidak sendiri di dunia ini. That's more than enough!!!

A single rose can be my garden... a single friend, my world.
Leo Buscaglia

6 comments:

Icank said...

mas mamad...setiap orang punya gurunya (pengalaman) masing...lha..dalam kenyataanq ada 3 orang jenis sahabat,, yaitu sahabat karena :
1. hormat
2. takut
3. sekedar dibutuhhkan (ironi)

hwhehehe

Unknown said...

Lha masa 1,2,3 ga ada yang bener wkwkwk
Adalah pasti yang bener, diluar 3 kriteria itu :D

Icank said...

hehehe...menulis kan juga tentang kejujuran mas mamad....and u did it your way..tapi salute buat posting pertama ini...

Unknown said...

Sangkyo sangkyo :D

Daniel said...

oh.. awesome..
terjadi padaku mat..
aku yo di kecewakan sobatku dewe..
pngin nangis moco kutipan2 e..

ijin ngerewrite nang blogku yo kutipan e :D

Unknown said...

Monggo dipersilahkan :D
Sing penting kita ga (dengan sengaja) ngecewakan sahabat kita, setega apapun mereka pada kita.

Post a Comment