[Pindahan] Quotes : Mark Twain — Life –

Don’t go around saying the world owes you a living. The world owes you nothing. It was here first.Mark Twain

Sadar atau tidak sadar, diakui atau tidak diakui, kita sering menyalahkan hidup. Kita seringkali menggerutu mengenai ini, mengenai itu karena apa yang kita dapatkan tidak pernah sesuai dengan apa yang kita inginkan. Ungkapan Mark Twain diatas cukup menjelaskan bahwa dunia tidak berhutang apa-apa pada kita, sementara kita selalu menuntut kehidupan layak padanya.

Pada halaman pertama bab pertama Alex Pattakos dalam bukunya Lepas dari penjara pikiran mengutip,
“Pada akhirnya, manusia tidak seharusnya bertanya tentang arti hidupnya, sebaliknya ia harus lebih menyadari bahwa dirinyalah yang ditanya. Pendeknya, setiap manusia ditanyai oleh kehidupan; dan ia hanya bisa menjawab kehidupan dengan mempertanggungjawabkan hidupnya sendiri; kepada kehidupan ia hanya bisa merspons dengan bertanggung jawab”1

So, buat apa menyalahkan apa yang sudah lalu. Bukankah apa yang kita hadapi sekarang lebih nyata dari apa yang kita keluhkan. Toh, dengan mengeluh kita tidak mendapatkan apapun, justru energi negatif dan prasangka buruk lah yang selalu kita siramkan ke nadi-nadi dan saluran napas kita. Energi tersebut akan mengotori setiap aliran darah kita, membuat otak kita tidak mampu berfikir sempurna, membuat napas kita tersengal-sengal, membuat tatapan mata kita tidak lagi ramah, kata-kata kita kasar dan bengal. Apa yang kita masukkan ke dalam diri kita, itu pula yang akan dikeluarkan oleh diri kita ke lingkungan kita.

Let’s get better life by doing better, facing problem open-minded. Semoga kita menjadi orang yang lebih baik. Innalloha ma’ana. Amin.

Catatan Kaki :
1] Viktor E. Frankl, Man’s Search for Meaning: An Introduction to Logotheraphy (Boston: Beacon Press, Edisi 4, 1992), hlm. 113-114.

3 comments:

Unknown said...

Thanks :)

Daniel said...

Let’s get better life by doing better, facing problem open-minded

thumbs up,..

Unknown said...

Ehehe, disewakan jempol bagi yang nambah hehe

Post a Comment